Home » » PEMBAHASAN UN MATEMATIKA SMP 2016

PEMBAHASAN UN MATEMATIKA SMP 2016

Written By Mr Echo Tee Nan on Sunday, August 6, 2017 | August 06, 2017

screenshot_2016-12-23-17-53-56-1
Pembahasan :
3 × (-7) + 4 × (-7) = -21 + (-28) = – 49 (D)
screenshot_2016-12-23-17-53-56-2
Pembahasan :
1/20 + 1/30 = 3/60 + 2/60 = 5/60
Pekerjaan akan dapat diselesaikan bersama – sama dalam waktu = 60/5 hari = 12 hari (B)
screenshot_2016-12-23-17-54-05-1
Pembahasan :
Harga 2 kaleng cat = 2 × (100 – 15)% × 100.000 = 2 × 85% × 100.000 = 170.000
Harga 2 sak semen = 2 × (100 – 20)% × 50.000 = 2 × 80% × 50.000 = 80.000
Harga 1 lembar triplek = (100 – 5)% × 90.000 = 95% × 90.000 = 85.500
Jumlah harga barang yang harus dibayarkan = 170.000 + 80.000 + 85.500 = 335.500 (C)
unsmp15
4
Pembahasan :
panjang gambar = 1,5 cm + 1 cm + 2 cm + 1 cm + 1,5 cm = 7 cm
panjang sebenarnya = 7 cm × 400 = 2.800 cm = 28 m
lebar gambar = 1,5 cm + 1 cm + 1,5 cm = 4 cm
lebar sebenarnya = 4 cm × 400 = 1.600 cm = 16 m
Luas sebenarnya = panjang sebenarnya × lebar sebenarnya
= 28 m × 16 m = 448 m² (C)

5
Pembahasan :
H : Z = 2 : 3 = 4 : 6
Z : F = 6 : 4
H : Z : F = 4 : 6 : 4
Jumlah halaman buku yang dibaca Farah = Jumlah halaman buku yang dibaca Helmi = 28 halaman (D)

6
Pembahasan :
2√4√2 × √3 = 2 × 2 × √2 × √3 = 4√6 (B)

7
Pembahasan :
kita hitung dulu pangkatnya yaaa …
1/2 × 3/2 = 3/4
81^(3/4) = 3^4×(3/4) = 3^3 = 27 (A)
8
Pembahasan :
1×(3 + √8) / (3 – √8)(3 + √8)
= (3 + √8) / (9 – 8)
= 3 + √8
= 3 + √4√2
= 3 + 2√2 (D)

9.png
Pembahasan :
1 ; 1+2 ; 1+1+3 ; 1+1+1+4 ; . . . ; 1+1+1+1+1+1+1+8=15 (C)
10.png
Pembahasan :
2¹ = 2
2² = 4
2³ = 8
Rumus suku ke-n =  2^n (C)

11.png
Pembahasan :
a = 6
ar^4 = 96
➡    6×r^4 = 96
➡  r^4 = 96/6
➡   r^4 = 16
➡  r = 2
6 + 6×2 + 6×4 + 6×8 + 6×16 = 6 + 12 + 24 + 48 + 96 = 186 cm = 1,86 m (D)

12.png
Pembahasan :
Misal harga topi = t dan harga dasi = d
t = 3d
5t + 10d = 125.000
➡ 5(3d) + 10d = 125.000
➡  15d + 10d = 125.000
➡  25d = 125.000
➡ d = 125.000/25 = 5.000
t = 3d = 3 × 5.000 = 15.000
15t + 20d = 15(15.000) + 20(5.000) = 225.000 + 100.000 = 325.000 (C)

screenshot_2016-12-23-18-37-15-1
Pembahasan :
S = {1, 2 , 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}
A = {3, 5, 7}
B = {2, 3, 5}
A ∩ B = {3, 5} (A)

screenshot_2016-12-23-18-37-34-3
Pembahasan :
Misalkan banyaknya siswa yang pernah berwisata ke kedua kota tersebut = x
40 = 24 + 16 + 5 – x
40 = 45 – x
x = 5 siswa (A)

screenshot_2016-12-23-18-37-34-2
Pembahasan :
4x² – 5x – 6 = 0
(4x + 3)(x – 2) = 0 (B)
screenshot_2016-12-23-18-37-34-1
Pembahasan :
n(A) = banyaknya anggota himpunan A = 4
n(B) = banyaknya anggota himpunan B = 3
Banyaknya pemetaan dari A ke B = 3^4 = 81 (D)

screenshot_2016-12-23-18-37-38-1
Pembahasan :
f(5p – 3) = 3(5p – 3) + 5 = 15p – 9 + 5 = 15p – 4 (A)

screenshot_2016-12-23-18-37-42-1
Pembahasan :
7.000 + 12×3.500 = 7.000 + 42.000 = 49.000 (B)

screenshot_2016-12-23-18-37-48-1
Pembahasan :
t² = 5² – 3²
t² = 25 – 9 = 16
t = 4
Kemiringan tangga = 4/3 (C)

Screenshot_2016-12-23-18-37-48-2.png
Pembahasan :

screenshot_2016-12-23-18-38-18-1
Pembahasan :

screenshot_2016-12-23-18-38-26-1
Pembahasan :
screenshot_2016-12-23-18-38-26-2
Pembahasan :
screenshot_2016-12-23-18-38-29-1
Pembahasan :
Screenshot_2016-12-23-18-38-39-1.png
26
Pembahasan :
Luas ΔABD = 1/2 × 8 × 18 = 72 cm²
Luas ΔABC = 1/2 × 8 × 12 = 48 cm²
Luas ΔABE = 1/2 × 8 × 5 = 20 cm²
Luas arsiran = (Luas ΔABD – Luas ΔABE) + (Luas ΔABC – Luas ΔABE) = (72 – 20) + (48 – 20) = 52 + 28 = 80 cm² (C)


screenshot_2016-12-23-18-38-47-1
Pembahasan :
screenshot_2016-12-23-18-38-47-2
Pembahasan :
Screenshot_2016-12-23-18-38-53-1-1.png
Pembahasan :
screenshot_2016-12-23-18-38-53-1
Pembahasan :
31
Pembahasan :
screenshot_2016-12-23-18-39-10-1
Pembahasan :
Misal lebar sungai = x
maka bisa dibuat perbandingan : x/6 = (x + 4)/8
8x = 6(x + 4)
8x = 6x + 24
8x – 6x = 24
2x = 24   ➡  x = 12
Sehingga lebar sungai adalah 12 m (B)
screenshot_2016-12-23-18-39-15-2
Pembahasan :
Perhatikan gambar berikut ini!
trap
Trapesium besar sebanding dengan trapesium kecil sehingga bisa dibuat perbandingan :
t/30 = 36/27                                            dan                          50/30 = x/27
27t = 30 × 36    (:27)                                                               50 × 27 = 30x     (:30)
t = (30 × 36):27                                                                       (50 × 27):30 = x
t = 10 × 4 = 40 m                                                                    5 × 9 = x = 45 m
Luas jalan = Luas trapesium besar – Luas trapesium kecil
= (30 + 50) × 40 : 2 – (27 + 45) × 36 : 2
= 80 × 20 – 72 × 18
= 1.600 – 1.296
= 304 m² (C)
unsmp15
screenshot_2016-12-23-18-39-15-1
Pembahasan :
V1 = 1/3 π (d/2)² t = 25 cm³
V2 = 1/3 π  (4d/22t = 1/3 π 16(d/2)² 2t =32 × 1/3 π (d/2)² t = 32 × 25 cm³ = 800 cm³ (C)
screenshot_2016-12-23-18-39-19-1
Enter a caption
Pembahasan :
Modus adalah nilai yang sering muncul pada data yaitu 90.
Mean = (60 + 60 + 70 + 80 + 90 + 92 + 50 + 90 + 64 + 32 + 90 + 50)/12 = 69 (A)
screenshot_2016-12-23-18-39-29-1
Pembahasan :
Misal banyaknya siswa wanita = x
Nilai siswa wanita + Nilai siswa pria = Nilai seluruh siswa
(80 × x) + 72 × (36 – x) = 78 × 36
80x + (72 × 36) – 72x =  78 × 36
8x = (78 × 36) – (72 × 36)
8x = (78 – 72) × 36
8x = 6 × 36
x = 27 orang (D)
screenshot_2016-12-23-18-39-50-1
screenshot_2016-12-23-18-40-00
Pembahasan :
Rata – rata = (45 + 40 + x + 30 + 20)/5
.                41 = (135 + x) /5
.          41 × 5 = 135 + x
.              205 = 135 + x
.                  x = 70 orang ( D)
screenshot_2016-12-23-18-40-09-1
Pembahasan :
agam
Obat yang masih aktif di akhir hari pertama adalah 32 mg (D)
screenshot_2016-12-23-18-40-14-1
Pembahasan :
Mata dadu berjumlah 6 adalah (1,5); (5,1); (2,4); (4,2); (3,3) ada 5 kejadian
Peluang mata dadu berjumlah 6 = 5/36 (C)
screenshot_2016-12-23-18-40-21-1
Pembahasan :
6/(6 + 5 + 3 + 3 + 2 + 4 + 2 + 5) × 100%
= 6/30 × 100%
= 20% (B)
Share this article :

Ditulis Oleh : Mr Echo Tee Nan ~ Blog Guru Matematika SMP N 1 Majenang

Artikel PEMBAHASAN UN MATEMATIKA SMP 2016 ini diposting oleh Mr Echo Tee Nan pada hari Sunday, August 6, 2017. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MGMP MATEMATIKA SMP KOMDA MAJENANG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger